Rabu, 07 Desember 2011

Kepercayaan bagaikan kaca

Kepercayaan yaitu adalah sebuah kata yang akan kita pergunakan kalo kita udah percaya sama orang. Misalnya kaya orang kepercayaan, terus saya sudah ngasih kepercayaan, dan lain sebagainya. Kepercayaan itu adalah sebuah kata yang sangat mudah sekali diucapkan, tapi ngelaksanainnya yang susah. Pernah gak sih kita berpikir kalo kepercayaan itu bisa membawa bencana buat orang yang gak bisa ngejaga kepercayaan itu ?

Banyak orang yang menyepelekan kepercayaan, ketika orang lain udah memberikan kepercayaan lebih, memberikan sesuatu yang lebih dari pada semestinya malah disalah gunakan. Sekarang coba pikirkan, sakit gak kalo kita dibohongi dan bagaimana rasanya ? Nah seperti itu lah kira-kira bagaimana rasanya kalo kepercayaan dari kita disepelekan oleh orang lain alias di khianati. Hm saya sendiri punya pengalaman pahit sekali tentang kepercayaan, sampai sekarang saya gak pernah percaya lagi sama orang itu walaupun saya sudah memaafkannya. Tapi entah mengapa, rasa curiga dan khawatir untuk dikhianati pasti terlintas. Itulah betapa hebatnya akibat dari hancurnya kepercayaan orang lain. Kepercayaan menurut saya bagaikan sebuah kaca yang sangat bening dan tembus pandang. Kaca itu akan semakin bening dan terlihat indah jika dielap setiap hari dengan terjaganya kepercayaan itu. Tapi kaca itu akan retak, dan bukan hanya retak bahkan pecah dan hancur berkeping-keping manakala kepercayaan itu dikhianati. Kalau kaca sudah hancur berkeping-keping seperti itu, apakah bisa disambung lagi ? Logikanya tidak bisa, tapi bisa saja kalau orang itu mau memperbaiki kesalahannya dan berusaha untuk menghapus luka akibat kepercayaan yang dikhianati itu. 
 Jangan pernah kita bermain-main dengan yang namanya kepercayaan, karena itu sungguh sulit untuk dipulihkan kalau sudah hancur. Hati akan sangat terasa sakit kalau kepercayaan itu sudah tidak bisa diberikan. Terkadang kita percaya sama orang lain, tapi orang itu malah gak percaya sama kita. Ya mungkin ia ragu atau apa lah, tapi harusnya sama-sama saling menjaga kepercayaan. Kepercayaan ini bisa kita lihat contohnya di film layar lebar "Puss In Boots" . Seekor kucing yang dikhianati oleh teman yang sudah ia anggap sebagai saudara sendiri sebanyak 2x. Tetapi dengan kebesaran hati kucing tersebut, ia tetap memaafkan kesalahan temannya itu. Kucing itu yakin bahwa ada hikmah dibalik semua ini, ada pelajaran yang bisa diambil, dan dengan ia memaafkan temannya itu akan membuat temannya sadar bahwa betapa berartinya sebuah kepercayaan yang telah dibangun. Kepercayaan itu sangat mudah dihancurkan dan akan membuat semuanya berubah dari yang semestinya.
Dalam hidup ini jangan pernah berpikir apa saja yang telah orang lakukan kepada kita, tapi pikirkan lah apa saja yang telah kita lakukan kepada orang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar