Sabtu, 31 Desember 2011

Indahnya berbagi..

Berbagi adalah memberikan sesuatu kepada sesama yang saling membutuhkan. Dengan berbagi dapat mengikat tali silahturahmi dengan erat. Berbagi bisa dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja selagi ada kesempatan. Kenapa harus berbagi ? Kenapa berbagi itu indah ?
Berbagi itu memang mudah, dan memang sangat mudah untuk mengikat tali silahturahmi. Banyak efek yang terjadi akibat berbagi. Entah itu efek buruk atau efek baik. Tidak sedikit orang yang menyalahkan arti dari berbagi. Memang berbagi itu adalah sebuah kata yang positif, tetapi akan berubah negatif kalo yang dibagi adalah sesuatu yang tidak baik. Misalnya bersedekah, yang dibagikan adalah harta untuk sebagian orang yang tidak mampu. Sebagian orang berniat baik karena ingin membantu dan ingin saling berbagi juga karena Alllah, tetapi sebagian yang lain ada juga karena ria, karena ingin dipandang baik, orang dermawan, dan lain sebagainya. Itu baru dari niat saja, kalo dari niat berbaginya saja sudah tidak baik, maka berbagi itu tidak lagi positif justru berbalik jadi negatif. Nah kalu dari segi apa yang dibagi bisa juga negatif atau positif. Kalau berbaginya sesuatu yang baik dan membawa kebaikan itu sih tidak akan jadi masalah, selama tidak mendatangkan mudharat. Tapi kebanyakan zaman sekarang, malah menyalahkan arti indahnya berbagi. Ada sebagian wanita yang terkadang membuka auratnya, mempertontonkan dihadapan pria, itu sangatlah tidak baik. Sebagai wanita bukan itu yang harus kita bagi kepada orang lain, itu adalah sebuah keindahan yang Allah berikan untuk kita agar kita bisa menjaga dan memeliharanya dengan baik. Bukan untuk dipertontonkan.
Ingatlah berbagi itu untuk mempererat tali silahrutahmi dan saling membantu satu sama lain tanpa mendatangkan mudharat. Jangan pernah mengungkit atau ingat apa yang kita sudah berikan kepada orang lain, tapi ingatlah apa yang orang lain telah berikan sama kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar