Senin, 12 Desember 2011

Apa arti sebuah penyesalan ??

      Selalu saja dan pasti penyesalan datangnya terlambat. Saat semuanya telah terjadi dan nasi telah menjadi bubur, dimana keadaan yang tidak pernah bisa dirubah lagi itu lah dimana saat-saat kita semua menyesal. Hm terkadang menyesakan sekali kalau itulah yang selalu terjadi dalam kehidupan kita. Kenapa ? Karena itu artinya kita kurang baik dalam mengambil keputusan, sehingga membuat kita menyesal pada akhirnya. Dan memang pada kenyataannya itulah yang banyak terjadi dalam kehidupan kita, sehingga kadang membuat kita putus asa, frustasi, dan trauma.
     Dalam pengambilan keputusan, seharusnya kita berpikir ribuan kali memikirkan apa keuntungan dan mudarat atau kekurangan yang akan kita dapatkan dari keputusan kita tersebut. Tapi terkadang kita mengambil keputusan tidak menggunakan akal, justru dengan emosi. Emosi itu labil dan tidak bisa kita kendalikan. Sedangkan akal bisa berpikir secara logika. Hm memang sulit untuk menerapkan itu semua, karena saya sendiri sebagai penulis masih saja mengambil keputusan dengan emosi. Oleh karena itu, saya menulis seperti ini untuk saling mengingkatkan agar kita jangan sampai salah mengambil keputusan agar kita tidak menyesal dikemudian hari. 
      Tetapi sebuah penyesalan juga akan sangat berarti jika setelah penyesalan itu, kita bangkit dan berusaha untuk menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Oleh karena itu, jangan sampai kita mengalami ribuan kali penyesalan dalam hidup kita, itu lah tandanya bahwa keputusan yang kita ambil selalu salah dan tidak ada pelajaran yang bisa kita ambil. Tidak sedikit orang yang sudah menyesal juga tidak bisa membangkitkan semangatnya untuk bisa berubah menjadi lebih baik. Apalagi kalo masalah yang ada sangat sulit sehingga membuat down dan putus asa. Kalau kita menemui orang yang seperti itu, jangan ragu untuk memberinya semangat agar motivasinya bangkit dan ia tidak selalu terpuruk. Kasihan kan jiwanya akan terganggu dan akan menimbulkan rasa ketakutan yang berkelanjutan. Oleh karena itu jangan remehkan sebuah penyesalan. Pahami dan mengerti apa yang kita sesali dan jangan sampai itu terulang kembali agar kita tidak menyesal lagi dikemudian hari. Karena kesempatan itu tidak akan datang secara terus menerus, perbaiki diri dari sekarang selagi kita masih diberikan kehidupan, jangan sampai kita belum sempat memperbaiki diri tetapi kesempatan kita untuk hidup sudah tidak ada. Naudzubillahi mindzalik..
   Oleh karena itu manfaatkan lah waktu dan berpikir lah dengan kepala dingin saat ingin mengambil suatu keputusan.
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar