Rabu, 28 Desember 2011

Apa arti sebuah nilai ??

Hmm berbicara soal nilai, untuk seorang pelajar nilai itu sangat berarti banget. Mau nilai keseharian, ulangan, dan yang lebih penting lagi nilai dalam UN (Ujian Nasional). Karena di Indonesia diberlakukan UN untuk menentukan lulus atau tidaknya siswa-siswi dalam menempuh pendidikan dan apakah bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi atau tidak. Oleh karena itu tidak sedikit pelajar yang frustasi hanya karena nilai. Sebenernya nilai itu apa sih ? Kenapa bisa disebut nilai ? Dan apa sih pentingnya nilai bagi kehidupan ? Hmm..
 Nilai itu adalah sesuatu yang berupa angka ? ya kan ? misalnya 80, 90, 95 dan lain sebagainya. Nilai itu biasanya didapat jika kita telah selesai mengerjakan sesuatu terutama dalam kegiatan belajar di sekolah. Perlu kita ketahui bahwa angka itu abstrak bukan ? Sebut saja angka 1, apa yang bisa kita simpulkan dari angka 1 ? tidak ada kan ? ya 1 apa ? kalo angka 1 itu tidak bisa langsung disimpulkan 1 apa. Oleh karena itu untuk apa kita semua frustasi memikirkan berapa nilai yang akan kita dapatkan, toh semuanya itu abstrak. Tidak ada nilai yang sempurna dan tepat diberikan sesuai dengan kemampuannya. Zaman sekarang banyak sekali sogok menyogok demi mendapatkan nilai yang bagus. Jadi bagi kita yang sudah mengerti jangan ambil pusing deh, gak akan ada gunanya juga. Bagi para pelajar yang sering galau kalau pas ngambil rapot, bingung dapet nilai berapa, gak usah galau lagi deh mulai sekarang. Karena itu hanya buang-buang waktu kita aja. Yang penting kewajiban kita sebagai pelajar yaitu belajar dengan sungguh-sungguh dengan segala kemampuan yang kita miliki dan dengan keseriusan untuk mendapatkan ilmu bukan nilai. Karena nilai itu bukan menjadi sebuah patokan. Siapakah sebenarnya yang berhak menilai ?
Yang berhak menilai yaitu hanya Allah yang Maha Mengetahui segala sesuatu dan tidak akan pernah salah memberikan nilai kepada setiap hambanya. Karena Allah tidak akan menerima segala sogokan atau apa pun, hanya Allah yang tidak bisa disogok. Allah itu Maha Adil, Allah tahu yang mana yang harus di berikan predikat baik dan mana yang harus diberikan predikat buruk. Oleh karena itu bekerja dan belajarlah semampu kita dengan segala kemampuan yang telah Allah berikan dan bersikap baiklah, karena Allah Maha Mengetahui segalanya. Allah sebagai saksi apa nilai yang pantas untuk kita ? Oleh karena itu ayo kita berfikir nilai apa yang pantas untuk kita ? Mohon direnungkan sahabat, agar kita semua bisa saling menginstropeksi diri kita, nilai apakah yang layak untuk kita terima dari Allah Sang Khalik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar