Senin, 21 November 2011

Dunia itu Berputar sob !


Berbicara mengenai dunia memang ribet. Pasti udah harus buka buku geografi lah buat nyari tau apa aja sih bentukan-bentukan yang ada di bumi ini yang selama kita pijak, kaya lipatan, patahan dan segala macemnya deh. Hm terlepas dari itu semua kalian tau gak bahwa posisi kita atau kedudukan kita di dunia ini di bumi itu sama seperti dunia itu sendiri yang berputar setiap harinya. Kenapa sih ?

Gini sahabat, kadang sebagian dari kita dan termasuk juga saya, pasti pernah mengalami masa-masa jaya dimana kita diberikan nikmat dan karunia yang besar oleh Allah. Misalnya bagi seorang pengusaha, dia mendapatkan keuntungan yang besar, berhasil memenangkan tender dan lain sebagainya. Contoh lain bagi seorang pelajar, dia mendapatkan prestasi peringkat 1 atau juara umum selama 2 tahun dan menjadi murid teladan di sekolahnya. Tapi gak selamanya keadaan yang menyenangkan seperti itu selalu kita alami dan kita rasakan disepanjang hidup kita. Karena pada saat kita sedang dalam masa-masa jaya, pasti ada sebagian dari kita mengalami sesuatu yang terbalik dengan kita, yaitu masa-masa terpuruk dimana banyak cobaan yang menimpa dan juga banyak nikmat dan karunia yang hilang yang tidak bisa dirasakan sebagai mana mestinya. Kenapa bisa kaya gitu ? 

Seperti yang saya bilang tadi bahwa posisi kita di dunia ini sama dengan dunia itu sendiri yang terus berputar. Oleh karena itu jika sebagian dari kita merasakan hal yang seperti tadi jangan pernah kaget dan bingung. Pada saat kita mengalami masa-masa jaya kita, ada kalanya kita perbanyak syukur jangan takabur dan lupa sama Allah yang telah memberikan semuanya kepada kita. Namun juga sebaliknya jika sebagian dari kita sedang mengalami masa-masa terpuruk itu merupakan ujian buat kita karena kita sedang ada di bawah posisinya dan jangan pernah takut dan menyerah apalagi putus asa, karena dunia berputar pasti ada kalanya kita akan merasakan kembali dimana masa-masa jaya kita. Saat kita mengalami masa-masa terpuruk kita juga harus bisa mengambil banyak peajaran berharga, karena disitu lah tolak ukur kita sebagai manusia. Apakah kita menjadi manusia yang baik atau tidak ? Karena pada saat manusia diberikan cobaan akan lebih ketahuan sifat asli dan karakternya. 

Dunia itu berputar sesuai dengan kehendak Allah. Jadi kita sebagai hamba-Nya jangan mengingkari kehendaknya dan jangan pernah menyesali takdir-Nya. Karena terkadang sesuatu yang kita benci itu belum tentu buruk bagi kita dan sesuatu yang kita suka belum tentu juga baik bagi kita. Oleh karena itu ayolah kita berfikir dewasa dan jangan memandang dunia ini secara sempit, karena dunia ini luas sekali jika ingin membuka mata dan hati untuk melihatnya lebih jauh lagi. Karena melihat dunia tidak cukup dengan mata yang terbuka tetapi juga dengan hati yang terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar