Selasa, 21 Oktober 2014

Dewasa Semuda Mungkin

Judul ini terinspirasi dari Bapak Mario Teguh, jadi ceritanya saya iseng buka youtube dan gak tau kenapa pengen liat video Pak Mario karena udah lama juga saya gak nonton tayangannya. Dari judulnya udah membuat saya penasaran, apa sih kata-kata spesial yang akan diungkapkan oleh Pak Mario mengenai kata "Dewasa". Ternyata dewasa itu adalah sebuah pengedalian. Pengendalian terhadap diri kita sendiri dari hal-hal yang bisa membuat kita lepas kendali. Contohnya seperti kemarahan, hasutan, dan lain sebagainya.
Kedewasaan seseorang ditunjukkan oleh sikap orang itu sendiri. Bagaimana dia bisa menahan diri nya untuk tetap menjadi baik dalam kondisi apapun. Bahkan marahnya pun baik dan anggun. Tua itu pasti namun dewasa itu pilihan, ya begitulah yang sering saya dengar. Dan menurut saya itu ada benarnya juga. Dewasa adalah pilihan. Setiap orang berhak memilih, ia mau dewasa atau sebaliknya dengan resiko kehidupannya sendiri. Orang yang dewasa itu hatinya penuh dengan kedamaian, pembawaannya tenang. Tapi tidak semua orang bisa dewasa dalam segala hal. Mungkin di depan orang lain dia bisa bersikap anggun, dewasa.. tetapi saat dia sendiri dia kembali seperti manusia biasa. Mungkin bisa menangis, mengeluh, berprilaku seperti anak kecil dan sebagainya.
Bersikap dewasa semuda mungkin berarti mengambil sikap orang-orang yang lebih tua. Dewasa itu bukan fungsi usia, jadi tidak ada batasan umur untuk bisa menjadi dewasa. Jika kita ingin dewasa semuda mungkin kita harus mengenali dorongan-dorongan pada diri kita yang bisa membuat diri kita lepas kendali. Selain itu kita juga harus bisa menghormati diri kita dengan tidak bersikap tidak dewasa. Karena bersikap tidak dewasa itu terlihat norak alias gak banget.
Kedewasaan itu terlihat dari kedamaian hati sehingga dirinya terlihat lebih dewasa dan berwibawa. Kita harus belajar mendamaikan diri yaitu dengan ibadah, karena dengan ibadah hati kita pasti akan tenang dan damai.
So, mau pilih dewasa semuda mungkin atau dewasa setua mungkin? hehe you know lah, tetap semangat dan stay positif guys :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar