Jumat, 11 November 2011

Hanya Kepada ALLAH Tempat Curhat..



 Sahabat kalo berbicara masalah curhat itu adalah suatu yang manusiawi. Banyak orang yang hidupnya dihabisi oleh curhat setiap harinya, mungkin kita juga termasuk sahabat. Curhat itu Curahan Hati yang artinya berasal dari hati kita yang mencakup perasaan yang ada di hati kita. So curhat itu katanya bisa melegakan hati, dan bisa membuat hati kita tenang. Apalagi kalo kita curhat sama seorang sahabat yang sangat kita sayangi dan sangat kita percaya. Hmm rasanya bebas tanpa beban deh kalo udah curhat sama temen, berbagi cerita, bercanda bersama, suka duka bersama merupakan suatu yang indah dalam ikatan persahabatan. Tapi yakin masih percaya sama sahabat yang udah kita sayangi dan kita percaya ? Apa dia gak akan ngebocorin curhatan kita ke orang lain ? Atau bahkan malah ngomongin kita dibelakang ? 
Hmm sahabat kita perlu tahu bahwa tak sepantasnya seseorang mengadukan kesusahan dan kesedihannya kepada orang lain. Dan tidaklah pantas seseorang mencari perlindungan dari sebuah bencana atau masalah kepada orang lain. Karena itu hanya akan menambah masalah baru buat kita. Awalnya sih emang merasa tenang sekali. Tetapi kita gak tau efek 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, dan bahkan 1 tahun kedepan gimana akibat curhatan kita itu. Emang sih gak asik kalo bersahabat tanpa ada sesi curhatnya. Tapi kalian tahu gak sih ? Kalau sahabat yang kita curhatin itu sama kaya kita ! Sama dia juga sering curhat ke kita, dia itu hanya manusia biasa. Mungkin saran yang diberikannya baik, dan membangun motivasi kita. Tapi tahukah kita bahwa curhatan kita kadang bisa menjadi beban buat sahabat kita sendiri, buat orang yang kita curhatin. Terus gak menutup kemungkinan kalo dia bisa saja membocorkan atau menceritakan curhatan kita kepada orang lain dengan alasan gak kuat nanggung curhatan kita. Kebayang gak keselnya kita ? Pasti kalo kita curhat sama sahabat kita, kita semuanya maunya curhatan kita itu terjaga dengan aman, rapih dan jangan sampe deh ada yang tau. Tapi tau gak ternyata curhat sama sahabat atau orang lain itu bisa menimbulkan masalah baru. Contohnya pengalaman saya pribadi deh sebagai penulis.
Saya ketika itu sungguh down sekali karena suatu masalah yang saya alami, lalu tanpa sadar saya menceritakan masalah saya itu ke beberapa sahabat saya yang sudah saya percaya sekali. Ya 1-2 minggu aman-aman saja awalnya, tetapi tidak sampe satu bulan saya sudah dikecewakan. Saya sendiri merasa bingung dengan kejadian itu, saya juga tau lho rahasia sahabat-sahabat saya itu, tapi gak pernah terpikir dalam benak saya untuk membocorkannya ke orang lain bahkan ngomongin pun tidak. Makanya saya kadang suka bingung, apa alasan mereka seperti itu ? Sampai sekarang saya belum menemukan jawabannya. Tapi saya tetep berpikir positif dan mengambil hikmah dan insight learning dalam kejadian itu. Bahwa tidak semua orang bisa mengamankan curhatan kita, hanya satu yang pasti dan sudah pasti bisa dan bahkan dijamin curhatan kita aman.. Yaitu curhatlah kepada Allah, mengadulah kepadanya. Karena sesungguhnya kesulitan dan kesusahan dan bahkan kesenangan datangnya dari Allah. Kenapa harus begitu ?
Allah tempat mengadu yang paling baik, tempat curhat kita. Allah sudah menjamin tidak akan membocorkan rahasia kita, rahasia kita dalam curhatan kita pun akan aman. Percaya deh, karena Allah yang mendatangkan segala sesuatu dan hanya kepada-Nya lah semuanya juga akan kembali. 
Terkadang kita terlalu jauh berfikir mencari tempat curhat yang padahal sudah ada di dekat ini yang dekat dengan denyut nadi leher kita yaitu Allah. Allah itu dekat sekali, kenapa harus jauh-jauh. Dengan curhat kepada Allah kita juga akan mendapatkan petunjuk yang lurus yang bisa membuat hidup kita menjadi lebih baik. Sebagaimana firman Allah dalam surat Yusuf ayat 86 yang artinya :
" Ya'qub menjawab : Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahuinya."
Subhanallah sahabat, ayat itu sudah sangat jelas untuk kita jadikan patokan kita, kenapa kita harus curhat dan mengadu kepada Allah. Ingat sahabat semua hanya akan kembali kepada-Nya dan Allah tempat pasrah dan untuk kita mengadu yang paling baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar