Jumat, 11 November 2011

Kekurangan Bukan Alasan Untuk Minder, Percaya Diri Dong !

Kehidupan kadang tak adil bagi kita bahkan mungkin bagi saya sendiri sebagai penulis posting ini. Ada beberapa orang yang hidupnya sangat sempurna, bahkan mencapai puncak sempurna. Ada juga orang yang hidupnya sudah sulit, dan malah mencapai puncak paling sulit. Kebayangkan kan kayak apa ? Mungkin sekarang kita merasa jadi orang yang kehidupannya paling sulit, udah sulit ditambah cobaan jadi tambah sulit deh. Eits tapi tunggu dulu sahabat, jangan hanya karena hal tersebut lantas kita jadi merasa bahwa hidup kita isinya hanya kesulitan dan kekurangan. Tahukan kalian sahabat ?
Bahwa ada perbedaan besar dari sisi orang yang hidupnya serba berlebihan atau sempurna dan orang yang hidupnya sulit atau serba kekurangan. Pertama, lihat konteks orang yang hidupnya serba berlebihan dan orang yang hidupnya serba kekurangan. Orang yang hidupnya serba berlebihan, ia memiliki banyak kelebihan yang diberikan oleh Alllah sebagai ujian bagi dirinya. Seperti halnya orang yang hidupnya serba kekurangan, ia memang memiliki banyak sekali kekurangan, tapi tahukah itu juga merupakan ujian bagi dirinya. Mengapa ? Karena suatu kelebihan dan kekurangan itu adalah sama-sama sebuah UJIAN ! Ujian itu ada cobaan, tes untuk kita yang memiliki kelebihan atau kekurangan yang nantinya akan sama-sama kita pertanggungjawabkan di akhirat kelak. Tahukah kalian banyak orang yang mempunyai kelebihan tapi tidak bisa memanfaatkannya dengan baik ?
Kita pasti sering sekali menjumpai orang yang misalnya dari fisik oke banget, cantik atau ganteng, terus dari materi juga oke, kaya 7 turunan misalnya, dan mempunyai keluarga yang harmonis. Itu semua bisa kita lihat sebagai suatu kelebihan untuk orang itu, tapi berapa banyak juga orang yang memiliki itu semua tapi malah lupa diri ? Banyak banget kan sahabat ? Kalian harus tau, kelebihan itu bukan untuk dibanggakan tapi untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kalo kita punya banyak kelebihan tapi tidak bisa memanfaatkannya dengan baik dan menggunakannya dengan baik maka balasannya akan sangat pedih di akhirat. Kita akan ditanya nanti, apa saja yang telah kamu lakukan dengan kelebihan yang telah Tuhan berikan padamu ? Apa coba yang mau kita jawab kalo pada kenyataannya kita gak bisa menjaga dan memanfaatkan baik kelebihan itu. Jangankan memanfaatkan kelebihan, kadang-kadang bersyukur aja jarang, ya kan ? Oleh karena itu sahabat, bagi kita yang merasa mempunyai kelebihan jangan pernah disia-siakan. Manfaatkanlah dan gunakanlah dengan sebaik-baiknya dan jangan juga disalah gunakan. Setiap orang itu pasti memiliki kelebihannya masing-masing dan akan mempertanggungjawabkannya juga masing-masing. Itu lah sebuah kelebihan, lalu bagaimanakah sebuah kekurangan ?
Kekurangan juga sama halnya dengan kelebihan, hanya saja dengan kekurangan itu bagaimana kita bisa menghadapinya, bagaimana kita bisa bersabar dan berusaha untuk mengatasi kekurangan kita dengan cara-cara yang baik. Fokuslah pada apa yang bisa kita lakukan, karena Allah Maha Melihat usaha-usaha kita itu. Jangan terpaku pada kekurangan kita, karena sampai kapanpun kita tidak akan pernah bisa menghargai diri kita sendiri. Kekurangan bukan alasan untuk minder sahabat, justru karena kekurangan kita adalah sosok yang kuat yang bisa menghadapi kekurangan itu. Ambil hikmah dari setiap yang ada pada diri kita. Jangan pernah merasa selalu kekurangan, karena kita harus banyak-banyak bersyukur kepada Allah. Karena dengan bersyukur nikmat kita akan senantiasa ditambahkan oleh Allah SWT. 
Percaya diri dan tetap optimis sahabat dalam menjalani kehidupan ini. Kehidupan bukanlah siapa yang lebih dan siapa yang kurang. Tetapi siapa yang bisa bermanfaat dan menjadi yang terbaik. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar